michael

Posted: Agustus 2, 2009 in musik, Renungan
Dear Sahabat Blogger,

Nama lengkap saya adalah Ludji Michael Riwu Kaho. Semua sudah tahu itu. Sapaan saya di dunia maya adalah Bigmike. Semua sahabat juga sudah paham tentang itu. Tak ada yang baru. Zonder ada perkara aneh. Akan tetapi…eeeeiiittttssssss…..jangan terburu-buru dulu. ….Justru di antara barang-barang biasa itu saya menemukan satu keunikan, yaitu yang bertalian dengan nama MICHAEL. Gerangan apa? Begini:

Pertama, baru saya sadari bahwa nama Michael adalah juga nama salah seorang malaikat surga. Nama ini disebut baik di Alkitab maupun di Al-Quran. Di dalam Perjanjian Lama, yaitu di dalam Kitab Daniel, (Dan 10:13,21; 12:1). Nabi Daniel menyebut nama Michael lebih dari sekali sebagai “Pemimpin”, Michael adalah malaikat pelindung surgawi bagi umat/bangsa Israel. Oh ternyata Michael adalah Sang Penghulu Malaikat atau semacam “Pemimpin malaikat atau kepala para malaikat.” Di Perjanjian Baru, tepatnya di Kitab Wahyu (Wah 12:4,7) digambarkan tentang sebuah peperangan pada akhir zaman, dimana Michael memimpin para bala tentara malaikat Surga bertempur melawan Naga, Ular Tua, dan Setan pimpinan lucifer yang diperkuat 1/3 para malaikat surga yang mejadi pemberontak mengikuti lucifer. Di dalam Al-Quran, nama Michael disebut bersama dengan malaikat nama malaikat Jibril (Gabriel/Jibrael), yaitu “Barangsiapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mika-il, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir” (QS. Al Baqarah : 98). Di dalam satu web (www.duwex,wordpress.com) saya mendapat keterangan bahwa tugas Mikail adalah sebagai “pengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan dimana semua rizki di dunia ini berkaitan erat dengan keduanya”. Mana yang benar di antara kedua versi di atas bukanlah menjadi perhatian saya. Hal terpenting adalah … ahaaaaaaa …. Michael ternyata ORANG PENTING. Dan saya juga bernama michael. Maka apakah saya juga tergolong orang penting? Entahlah, tetapi rasa-rasanya….mungkin juga ya…..wkwkwkwkkw…..

Kedua, mungkin anda mengamatinya juga, yaitu betapa banyaknya para pesohor yang bernama michael. Saya cuma bisa mengingat beberapa di antaranya, yaitu michael Faraday ahli fisika yang dijuluki “bapak listrik”, michael jordan, si masetro basket, michael jackson si “king of pop”, michael phelps jawara olah raga renang dengan rekor raihan 8 medali emas dalam 1 olimpiade, michael “mick” philips jagger, vokalis the rolling stones , si panjang lidah dan bibir ndower yang masih terus mengelinding dan … rasanya masih banyak lagi. Point saya di sini adalah michael merupakan nama orang-orang “kerbek” alias keren dan beken. … wahahahahaaaaa…apakah saya juga keren dan beken? Saya tidak tahu persis tetapi rasa-rasanya….hhmmmmhhhhh…….(narsis-lah itu!!!!!)….

Nah, lalu apakah tentang “semangat narsis” semacam itu yang menjadi inti posting kali ini? Ya tidaklah Bung en Zoes…tidak….kali ini saya ingi berbicara tentang seseorang dengan nama michael …. sumpe abis bukan tentang saya pribadi melainkan tentang sesosok michael yang lain . Ada sesuatu dari si Michael yang satu ini yang bisa kita pelajari dan kita timba keteladanan sekaligus ketidakteladanan-nya. Siapa dia? Michael Schumacher.

Bagi yang masih bertanya siapa Michael Schumacher maka, bagi saya, orang itu kemungkinan besar tidak pernah membaca koran dan tidak pernah menonton televisi. Ya, siapa lagi jikalau bukan si maestro balapan jet darat F1. Mungkin banyak yang tidak setuju tetapi saya yakin lebih banyak lagi yang setuju bahwa michael schmacher, yang kerap disapa juga sebagai “schumi” adalah pembalap F1 terbaik sepanjang masa. Delapan di antara 10 pooling yang pernah diadakan guna menanyakan “who’s the best formula one drivers ever?” menempatkan schumi pada urutan teratas. Coba lihat daftar rekord si “record man” ini:

Schumi telah menjuarai 91 balapan Formula 1 dan tujuh kali merebut gelar juara dunia (1994, 1995, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004) sepanjang 15 tahun karir balapannya. Pole 68 kali. Pada tahun 2002 terdapat 1 rekor “gila” dari michael schumacher, yaitu ketika race dalam msuim itu masih tersisa 6 balapan tetapi dia sudah memastikan sebagai juara dunia. Rasanya rekor semacam itu sulit terulang kembali di masa depan. Dimana letak kehebatan shumi? Menurut Ross Brawn, mantan orang kepercayaan schumi di Benneton dan, kemudian di Ferrari, terdapat 3 kelebihan schumi, yaitu kemampuannya menganalisis situasi sirkuit dan kondisi balapan, kemampuannya mengenali dan mengembangkan mobil balapnya serta amat nekad. Ross Brawn menunjukkan alasan-alasan itulah yang membuat schumi mampu menjadi juara kendati tidak mengendarai mobil yang terbaik. Tim Ferrari yang lama terbenam mampu dikembangkan Todt dan Brawn, dengan mendapat masukan dari schumi, kemudia merajai arena F1 sejak 2000 sampai 2004 tanpa perlawanan berarti dari lawan-lawannya. Demikianlah kehebatan schumi. Dia adalah pemenang. Dialah sang juara yang susah ditandingi.

Akan tetapi di balik kehebatannya, schumi menyimpan stori tersendiri berkaitan dengan tabiat dan perilakunya. Ross Brawn menyebutkan bahwa manusia ini adalah orang nekad. Tentang kenekadannya ini kadang-kadang menimbulkan masalah lain, yaitu perilaku arogan, mau menang sendiri, dan, bila perlu curangnya. Pada tahun 1994, ketika pertama kali schumi manjadi juara dunia, dia terlibat tabrakan dengan Damon Hill. Dari analisis video tampak jelas bahwa tabrakan itu disebabkan ulah schumi sendiri yang sengaja menabrak mobil Damon. Tabrakan yang menyebaban Damon gagal menjadi juara dunia, dengan mobil terbaiknya kala itu, dan schumi menjadi juara dunia. Pada tahun 1997 tindakan memalukan seperti itu dilulangi lagi di sirkuit Jerez, Sapanyol. Schumi secara sengaja menabrak Jacques Villeneuve, guna menghalangi Villeneuve menjadi juara dunia. Akibat oerilaku lajaknya ini, FIA menghukum schumi dengan manghapus sama sekali seluruh pointnya di tahun itu. Hukuman masih ditambah dengan kewajibannya untuk bekerja secara sosial selama 60 jam. Di tahun 1998, dia sengaja menabrak David Coulthard yang sudah ketinggalan 1 lap dari schumi lantara shumi beranggapan bahwa Coluthard ingin membantu Hakkinen menjadi juara dunia. Insiden berlanjut di pit ketika Schumi menantang Coulthard untuk berkelahi. Untung beberapa orang menghalang-halanginya. Tahun 1999 ketika schumi mengalami kecelakaan dan patah kaki, dia mendatangi Paus Paulus II di Vatikan bersama Jean Alesi padahal dia adalah seorang penganut Protestan. Sebagian orang mengecam kelakuannya yang berpura-pura itu. Ya, kenekadan schumi kadang berbuah hal-hal yang memalukan. Tetapi itulah schumi. Manusia hebat sekaligus manusia biasa yang bisa nakal, curang dan culas. Perilaku lajak dan tengil.

Setelah masa-masa gemilangnya berlalu dan schumi digerogoti usia, pada tahun 2006 schumi menyatakan pensiun dari dunia balap Formula satu. Di sirkuit balapnnya yang terakhir, yaitu di Brazil, baik mereka yang menyukai maupun yang tidak menyukainya meratapi pensiunnya itu. Sejak saat itu dunianya adalah dunia pekerjaan sosial, (schumi enjadi salah satu donatur besar berbagai kegiatan sosial), bersenang-senang dan menjadi penasihat tim Ferrari. Pada tahuhn 2007 schumi pernah berkata bahwa “masa terbaik dalam hidup adalah pensiun dari dunia balapan”. Apakah selesai di sini kisah ini schumi? Belum tetapi maris kita belajar 1-2 hal dari schmui.

Di luar urusan balapan yang gilang gemilang itu kita belajar bahwa schumi adalah manusia paradoks biasa. Dia jagoan tetapi bisa juga curang. Dia baik sekali waktu dan di lain waktu schumi amat arogan. Ya, schumi adallah manusia biasa seperti juga anda dan saya. Akan tetapi saya memiliki 1 indikator penting untuk menilai siapa schumi sesungguhnya. Pertama, pada tahun 2006 schumi masih punya peluang untuk memperpanjang kontraknya dengan Ferrari dan membalap lagi pada tahun 2007. Ketika itu, Raikonen sudah dikontrak dan jika schumi mau maka Felippe Massa yang akan dicoret. Tetapi Schumi menolak dan mengatakan begini …. “saya harus berhenti karena jika tidak anak muda ini (Massa) akan kehilangan masa depan padahal dia sangat berbakat”. “Saat ini dia lebih memerlukan mobil Ferrari ketimbang saya” … Schumi ternyata seorang yang memiliki rasa persahabatan yang kuat dan dia mengekspresikannya secara tepat. Dia tahu kebutuhan Massa dan itulah yang diberikannya. “Friend in need is friend indeed“.

Kedua, tak disangka dan tak dinyana malapetaka itu datang. Felipe Massa mengalami kecelakaan di sirkuit Hungaroring, Hungaria Juli 2009 lalu dirawat di RS dan tak bisa membalap untuk beberapa waktu ke depan. Ferrari kehilangan seorang pembalap dan mereka membutuhkannya. Bahkan, di tengah berbagai kasus kontroversial di F1 belakangan ini, dunia jet darat ini membutuhkan seseorang yang mampu menaikkan kembali pamor F1. Felipe Massa juga membutuhkan seseorang untuk meyakinkan dia bahwa dia masih punya masa depan. Dan schumacher menjawab semua “tantangan” itu. Katanya …. “saya kembali bukan untuk saya sendiri tetapi untuk Ferrari, untuk F1 dan untuk Felipe” …. Schumacher telah melakukan apa yang harus dia lakukan dan bukan apa yang yang dia suka lakukan. Secara fisik, dia tidak lagi muda. Sudah 40 tahun usianya. Pun secara fisik, dia baru saja berpulih pasca kecelakaan sepeda motor beberapa bulan berselang. Secara psikologis, dia tidak lagi memiliki “api” kompetisi yang kuat. Tak ada yang perlu dibuktikan lagi. Dia juara dan bukan pecundang. Dia adalah yang terbaik. Apa lagi yang harus dibuktikan? Membalap ketika kondisi fisik dan psikis tidak prima sama dengan mencari perkara. Belum lagi jika dia kalah maka reputasinya dikuaitrkan akan merosot. Tetapi, sekali lagi, “friend in need is friend indeed“. Schumi rela berkorban untuk semua yang dia cintai di Ferrari, Formula One dan Felipe Massa. Ternyata persahabatan memerlukan pengorbanan bukan mengorbankan orang lain.

Maka, apa yang dilakukan oleh schumi adalah demonstrasi tentang cinta, yaitu suatu afeksi positif yang sepenuhnya datang dari sobyek, lurus tertuju kepada obyek dan berani mengorbankan kepentingan diri sendiri. Cinta itu merangkul. Cinta itu loyal. Cinta itu tulus. Cinta itu butuh pengorbanan. Cinta itu tidak menggunakan banyak perhitungan kecuali KEBAIKAN. Pesan moral dari kisah ini adalah “jangan berhenti berbuat baik tiap hari kendati kita, anda dan saya, tidaklah manusia sempurna”. “Satu hari satu kebaikan, satu orang satu kebaikan, 1000 hari seribu kebaikan dan 1000 orang seribu kebaikan”. Jika kita semua adalah sahabat dan saling beruat kebaikan maka …. ahaaaaaa…..kebaikan akan mengalahkan kejahatan. Pasti. Percayalah. Michael sudah membuktikan itu. Michael gitu loooohhh ….. Anda bagaimana? Mau?

Mari kita nikmati salah satu aksi overtaking hebat yang dilakukan schumi terhadap kimi raikonnen di Brazil 2006

Michael Schumacher overtakes Kimi R. Brazil 2006

Dan nikmatilah sebuah tembang lawan yang dinyanyikan oleh another Michael, yaitu Michael W. Smith dalam judul “Friends”.

Komentar
  1. luiggimikerk mengatakan:

    “Friends”
    by michael w. smith

    Packing up the dreams God planted
    In the fertile soil of you
    Cant believe the hopes hes granted
    Means a chapter in your life is through
    But well keep you close as always
    It wont even seem youve gone
    cause our hearts in big and small ways
    Will keep the love that keeps us strong

    Chorus:
    And friends are friends forever
    If the lords the lord of them
    And a friend will not say never
    cause the welcome will not end
    Though its hard to let you go
    In the fathers hands we know
    That a lifetimes not too long to live as friends.

    With the faith and love gods given
    Springing from the hope we know
    We will pray the joy youll live in
    Is the strength that now you show

    But well keep you close as always
    It wont even seem youve gone
    cause our hearts in big and small ways
    Will keep the love that keeps us strong

  2. luiggimikerk mengatakan:

    saya membuat beberapa penyuntingan

  3. gerithone mengatakan:

    Ini namanya loyalitas. Faktor ini yang menipis di bangsa kita makanya kita saling tuding ketika terjadi pemboman di jakarta

  4. embun777 mengatakan:

    Saya percaya bahwa Bung Michael juga mau Mikul..!!
    maksudnya Pikul Salib .. getoo looh..
    haa.haa.. plesetan gaya pelawak..lho…

    tp saya setuju pesan BM
    “Satu hari satu kebaikan, satu orang satu kebaikan, 1000 hari seribu kebaikan dan 1000 orang seribu kebaikan”

    tabe bung.

  5. embun777 mengatakan:

    Saya masih penasaran gmn Michael Schumacher berlaga..

    tak tonton dolo aah….

  6. luiggimikerk mengatakan:

    Mas Embun, Thanx. GBU bro

  7. fajroelaen mengatakan:

    another very good posting from luiggi. Keep on posting

  8. andri mengatakan:

    Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

    Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul. Malaikat selalu menampakan diri dalam wujud laki-laki kepada para nabi dan rasul. Seperti terjadi kepada Nabi Ibrahim.

    Di antara para malaikat yang wajib setiap orang Islam ketahui sebagai salah satu Rukun Iman berserta tugas-tugas mereka adalah:

    1. Jibril – Menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah, SWT.
    2. Mikail – Membagi rezeki kepada seluruh makhluk, di antaranya menurunkan hujan.
    3. Israfil – Meniup sangkakala (terompet) pada hari kiamat
    4. Izrail – Mencabut nyawa seluruh makhluk
    5. Munkar – Memeriksa amal perbuatan manusia di alam Kubur
    6. Nakir – Memeriksa amal perbuatan manusia di alam Kubur
    7. Raqib – Mencatat amal baik manusia ketika hidup di dunia
    8. Atid – Mencatat amal buruk manusia ketika hidup di dunia
    9. Malik – Menjaga Neraka dengan bengis dan kejam
    10. Ridwan – Menjaga Sorga dengan lemah lembut

    Dari nama-nama malaikat di atas hanya tiga yang disebut dalam Al Qur’an, yaitu Jibril (QS 2 Al Baqarah : 97,98 dan QS 66 At Tahrim : 4), Mikail (QS 2 Al Baqarah : 98) dan Malik (QS Al Hujurat). Sedangkan Israfil, Munkar dan Nakir disebut dalam Hadits.

    Blog yang bagus. Salam kenal

  9. andreasharsono mengatakan:

    two thumbs up for posting

  10. kirana mengatakan:

    yang ada di Indonesia is malaikat pencabut nyawa….satu gembongnya baru aja dihabisin…nurdin m “gak” top…

  11. kirana mengatakan:

    OK good posting

  12. mikerk mengatakan:

    thanx for comments. GBU all of u

  13. mikerk mengatakan:

    @ Mas Embun,

    Matur Nuwun sanget atas komentarnya dan juga youtubenya…memang benar, saya tahu persis tugas saya, dan juga sahabat-sahabat se iman, yaitu mikul SALIB. GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s