http://www.Per.uB-@h.an. COM//: mAukah anda BERUBAH?

Posted: Juni 7, 2008 in Renungan
Tag:

Salam Hangat,

Sahabat blogger yang baik. Hampir satu minggu tidak berjumpa. Apa kabar. Baikkah anda? Sehatkah? Mudah-mudahan demikian. Sayapun dalam keadaan baik dan sehat meskipun agak lelah karena jadwal pekerjaan yang teramat padat yang harus saya lakoni dalam tempo 5 hari belakangan. Membuka dan membaca isi blog ini, setelah saya tinggalkan beberapa hari, ternyata ada hal-hal yang mengembirakan hati. Posting saudara NK ternyata mampu menghangatkan blog ini. Heiii NK, thanx a lot dan saya tunggu tulisan berikutnya. Ketidak-hadiran saya, di satu pihak merupakan sedikit “gangguan” bagi beberapa sahabat. Saya mohon dimaafkan. Akan tetapi, di lain pihak, keluhan demikian saya syukuri juga sebagai pertanda bahwa blog ini mulai bisa “mengikat” hati para sahabat sekalian. Inilah modal yang bermanfaat bagi erbangunnya persahabatan dan persaudaran yang akan sangat berguna dalam dunia yang kian menjadi dunia “kebendaan”. Apapun juga, absen selama 1 minggu adalah masalah. Bagi sebagian orang, 1 minggu adalah lama. Sebagian lainnya menganggap tidak lama. Biasa-biasa saja. Relatif? Entahlah.

Akan tetapi, apapun juga, kendati begitu: dalam dunia yang kian “relatif” dewasa ini, ada 1 hal yang tidak dapat dikatakan sebagai relatif. Hal itu adalah perubahan. Benar sekali kata-kata bijak yang pernah kita dengar, yaitu: “satu-satunya yang tidak berubah dalam dunia ini adalah perubahan itu sendiri“. Ya, betapa tidak. Dalam satu minggu ini umur hidup kita bertambah, atau bisa jadi malah berkurang, 1 minggu lamanya. Satu minggu lalu, Hillary Clinton meyakinkan diri untuk terus berjuang sampai detik terakhir dalam urusan pertarungannya dengan Barrack Obama. Nyatanya 1 minggu kemudian Hillary “menyerah”. Satu minggu lalu Habib Rizik bebas merdeka bareng konco-konconya di FPI. Eh. sapa nyana, 1 minggu kemudian si Habib sudah berada dalam tahanan polisi. Katakanlah sahabat, apa yang tidak berubah dalam 1 minggu ini? Hmmmmhhh….SBY masih presiden dan JK masih Wapres…..iya betul …..tetapi umurnya bertambah (atau malah berkurang) satu minggu. Benar bukan? Nama pemilik blog Bigmike-savannaland adalah masih yang itu-itu juga? Michael. Dan tidak berubah menjadi Mi…goreng bukan? …..kkhhiiiiyaaaaa bettttuuulll suuueekkkalllliiii Bosszzzzz….tetapi nama itu sekarang sudah tertera di dalam log book komunitas Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat dan komunitas Masyarakat Pengurangan Resiko Bencana Indonesia karena keterlibatannya dalam kegiatan-kegiatan tersebut di Bogor dan Jakarta. Sekali lagi: adakah yang tidak berubah???

Untuk menjawab hal ini maka mungkin kita memerlukan 1 perenungan lagi. Lalu, seperti biasa, menerangkan sambil mempertengkarkan ide-ide kita tentang perubahan. Ada kemungkinan, ketika kita berbicara tentang perubahan maka di situ tersedia jawaban tentang kemana masa depan ide-ide besar seperti ideologi kiri, kanan, sekularisme, komunisme, marxisme dan lain sebagainya, termasuk Pancasila. Ahaaaa, sekarang tersedia lagi satu topik yang dapat kita diskusikan bersama, yaitu perubahan. Anda tertarik?

Di luar urusan anda tertarik atau tidak terhadap tema perubahan maka ada yang mau saya katakan berikut ini: 40 hari sudah saya hidup sebagai orang yang tidak mempunyai ayah lagi. Ini satu perubahan. Dan, perubahan itu sungguh-sungguh sudah terjadi. Lalu, saya seperti terjebak dalam satu situasi yang tidak berubah, yaitu keinginan untuk terus menerus hidup dalam kesedihan. Berapa lama saya tidak mau berubah? Entahlah. Tetapi tahukah anda bahwa diam-diam saya mulai kuatir juga mengingat nasib sang perkasa Dinosaurus di Zaman Jurassic. Ketika perubahan lingkungan terjadi sementara si bung Dino hidup tanpa mau merubah apapun dalam dirinya maka punahlah sang perkasa. Tersapu monster yang lebih dahsyat darinya. Ya, monster yang bernama PERUBAHAN.

Maka, anda yang sekarang sedang bersedih dan terus berkubang dalam kesedihan, anda-anda yang saling marah, saling mendengki, saling membenci. saling mencaci, saling mengkafirkan, saling menuding, saling baku hantam: …..tidakkah anda ingin berubah? Pilihan sepenuhnya ada di tangan anda tetapi ingatlah….ingatlah…..inga-inga tiiiing…….ketika anda tidak ingin berubah maka perubahan akan menggilas anda. Sampai tak bersisa. ………Wuuuuiiihhhhh…….

Jabat ErAt

Komentar
  1. Anonim mengatakan:

    Siapkah anda-anda semua jika besok tiba-tiba Indonesia sudah menjadi negara bagiannya Amerika Serikat?

  2. Anonim mengatakan:

    Ah, sahabat anonim 1, jangan memprovokasi begitu dong. Bagaimana kalau Indoensia jadi provinsinya Arab Saudi. Mau enggak?

  3. Anonim mengatakan:

    Yang nggak mau brubah jadilah anda patung. Ok?!

  4. Anonim mengatakan:

    Apa yg harus gw rubah ya????? Oh iya, hidung gw yg rada bengkok ha ha ha

  5. Anonim mengatakan:

    hareee geennneeee ngomong perubahan?

  6. Anonim mengatakan:

    Emangnya kenapa kalau jadi negara bagian Amerika dan atau jadi propinsi arab saudi. Dari pada terlantar enggak karuan?

  7. Anonim mengatakan:

    ohhhhhh perubahan… kenapa yah harus ada perubahan?? dulu BBM murah sekarang dah naik melambung tinggi, dll. tapi kalo tak ada perubahan??? mau hidup ala jaman batu bersanding ria dengan dinosaurus, cuma pake daun untuk menutupi aurat?? he..he yah enggak jugalah.

    trus gimana dong???

    (penulis sedang bingung memikirkan jawaban dan belum bisa dijawab sampe sekarang) apa yah?? apa yah??? Hmmmmmmm…

    (nrk)

  8. Anonim mengatakan:

    Cara nulis judul itu loh, mengejutkan. GW kira nama situs eh ketepu…gak pa2 kreatif

  9. Jabon mengatakan:

    @anonymouse
    saya setuju dengan kalian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s