Hari Ini Adalah Hari Pendidikan Nasional….Ingatkah Anda?

Posted: Mei 3, 2008 in Renungan
Tag:

Hari ini seperti biasanya hari-hari lain. Seperti minggu lalu, maka hari ini adalah hari Jumat. Seperti di Bulan April lalu yang punya tanggal 2 maka bulan Mei juga memiliki tanggal 2. Apa bedanya? Tidak ada. Apa istimewanya? Yah, tanggal segini sih adalah tanggal gajian bosZ. Itu istimewanya. Lalu, masihkah banyak di antara kita yang mengingat dengan baik-baik bahwa pada tanggal 2 Mei, setiap tahun, adalah hari Pendidikan Nasional? Saya tidak yakin.

Sejak bangun tidur semua terasa biasa-biasa saja. Di rumah saya, kesibukan yang memberi pertanda bahwa hari ini adalah hari pendidikan Nasional hanyalah ditunjukan oleh isteri saya yang ambtenaar di Dinas Pendidikan Nasional NTT. Pagi-pagi amat si doski yang kepala seksi di salah satu unit di Dinas Pendidikan Propinsi NTT sudah ribut sama baju putih, jas abu-abu, sepatu hitam dan dasi abu-abu. Semua itu diperlukannya sebagai uniform guna mengikuti perayaan Hari Pendidikan Nasional di kantornya. Anak-anak saya cuma sibuk mengurus persiapan diri mereka sendiri untuk pergi k skolah atau ke kampus. Cuma itu.

Satu jam kemudian saya juga ikutan keluar rumah menuju kampus. Di kampus saya bertemu dengan satu dua gelintir pegawai administrasi kampus dan para pejabat teras Universitas yang berpakaian seragam Korpri. Mengapa demikian? Baru selesai apel Hari Pendidikan Nasional. Lalu, tengok kanan dan kiri, ah…semuanya saja, pegawai, dosen dan mahasiswa mayoritas berpenampilan “freeman“. Iseng-iseng saya bertanya kepada 4 orang mahasiswa, 4 orang rekan dosen, 1 orang tenaga satpam dan 1 orang staf adminsitrasi di kampus. Pertanyaan saya begini: apakah anda ingat bahwa hari ini adalah hari Pendidikan Nasional? Luar biasa: hanya 3 dari responden tersebut mengatakan ia. Sisanya, tidak menjawab dan atau nyengir kuda. Gejala apa ini?

Sejujurnya saya tidak memiliki jawaban apapun tentang pertanyaan tadi. Apakah ketidak ingatan 70% responden (sorry saya mengunakan istilah itu biar kelihatan gaya), disebabkan ketidak perdulian? Apakah dengan demikian dapat diartikan bahwa mereka sudah tidak memiliki apresiasi baik tentang pendidikan? Apakah pendidikan sudah tidak berarti apapun lagi bagi mereka? Apakah pendidikan bagi mereka adalah proses nyata dan bukannya ritual belaka? Ah, saya kira jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan itu akan terasa sumir juga. Sekali lagi, saya tidak memiliki jawaban pasti. Bahkan sayapun bertanya, pantaskah pertanyaan seperti itu dilontarkan?

Lalu, sayapun menjalani rutinitas hari ini sesuai rencana, yaitu menyelesaikan training GIS yang diselenggarakan oleh Charles Darwin University, Australia yang bekerja sama dengan Undana dan Pemda NTT. Selesai acara, maka rutinitas lainnya menyusul, yaitu menerima sertifikat dan uang duduk 5 hari kegiatan. Lumayan. Tapi ya cuma itu. Hanya itu. Sayapun tidak lagi terlalu ingat akan keisengan saya pagi-pagi setibanya di kampus yang sibuk bertanya apakah anda mengingat dengan baik bahwa hari ini adalah hari Pendidikan Nasional Indonesia?

Malam menjelang istirahat baru saya renungkan kembali. Apakah saya dapat menjadi Doktor tanpa proses pendidikan? Apakah saya dapat dibesarkan dengan baik jika Ayahanda saya almarhum tidak bekerja sebagai guru? Apakah saya dapat memberikan makanan bagi mulut isteri dan anak saya jika saya tidak bekerja sebagai guru (dosen=doisere = guru, Perancis). Apakah saya dapat mengajar dan mendidik anak-anak saya sendirian tanpa bantuan dari para bapak ibu guru? Sayapun segera bangun dari tempat tidur dan bergegas menunuju laptop saya untuk menulis artikel yang berlevel S3 (sungguh sangat sederhana) ini. Ah, untuk semua guru saya dan semua guru di mana saja di Indonesia saya ingin mengucapkan permohonan maaf. Maaf kan saya bapak dan ibu guru karena sudah mangabaikan hari ini: hari Jumat, tanggal 2 Mei 2008. Hari Pendidikan Nasional.

Komentar
  1. kaitokid724 mengatakan:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/2_mei_adalah_hari_pendidikan_nasional_ingatkah_anda_

  2. luiggimikerk mengatakan:

    Bung, Mas, Pak, Adik, Kawan atau siapapun anda kaitokid. Terima kasih atas apresiasinya. Terima kasih pula atas sarannya. Akan coba saya ikuti. Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s